Pengaruh Penambahan Tepung Biji Buah Nangka (Artocarpus heterophyllus) Pada Pembuatan Pakan Ikan Terhadap Pertumbuhan Dan Sintasan Ikan Nila (Oreochromis niloticus)

  • Yuslita Lahay

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung biji buah nangka (Artocarpus heterophyllus) terhadap pertumbuhan dan sintasan ikan nila (Oreochromis niloticus). Penelitian ini menggunakan metode percobaan (eksperimen). Rancangan yang digunakan dalam penelitian adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) menggunakan analisis sidik ragam (ANOVA) dengan 4 perlakuan dan 3 kali ulangan. Hewan uji yang digunakan adalah benih ikan nila dengan ukuran panjang ± 5.2 cm dan berat ± 2.23 gram sebanyak 120 ekor. Perlakuan yang digunakan adalah perbedaan dosis pemberian pakan berbahan dasar tepung biji buah nangka, yaitu perlakuan A (5%), B (7%), C (9%) dan D (11%). Pelaksanaan penelitian dilakukan selama 4 minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pakan berbahan dasar tepung biji nangka dan tepung ikan dengan dosis berbeda tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan benih ikan nila.Sintasan terbaik dihasilkan pada pemberian pakan dengan dosis 5 %.

Statistik Abstract view : 69 times
Statistik PDF Views : 0 times
Published
2019-05-30
How to Cite
LAHAY, Yuslita. Pengaruh Penambahan Tepung Biji Buah Nangka (Artocarpus heterophyllus) Pada Pembuatan Pakan Ikan Terhadap Pertumbuhan Dan Sintasan Ikan Nila (Oreochromis niloticus). JURNAL SUMBERDAYA AKUATIK INDOPASIFIK, [S.l.], p. 21-30, may 2019. ISSN 2550-0929. Available at: <https://ejournalfpikunipa.ac.id/index.php/JSAI/article/view/60>. Date accessed: 20 nov. 2019. doi: https://doi.org/10.30862/jsai-fpik-unipa.2019.Vol.3.No.1.60.
Section
Research Articles